Printer 3D Buatan Indonesia

Teman-teman kursus desain grafis, yang berada di manapun terutama yang di Bandung, kali ini saya mau sharing cerita, nih. Beberapa waktu belakangan lagi rame-ramenya printer 3D, ya. Ternyata selain jadi pemakai, orang Indonesia juga ada yang bisa membuat printer 3D loh. Awalnya hanya gemar dengan dunia desain grafis, ternyata lama-lama Johanes Djauhari berhasil membuat printer 3D. Dengan memanfaatkan teknologi Open Source, dia berhasil membuat objek yang tadinya hanya bisa dinikmati di layar komputer menjadi objek tiga dimensi. Keren, yah, memanfaatkan teknologi Open Source, loh. Ini baru namanya semangat desain grafis yang kreatif.

Kursus Desain Grafis - Printer 3D Buatan Indonesia

Kursus Desain Grafis – Printer 3D Buatan Indonesia

Kenapa sih Johanes ini sampai-sampai kepikiran membuat printer 3D ini? Dengan pekerjaannya sebagai desainer produk, ada ketidakpuasan dari kliennya yang hanya bisa melihat desain produknya di monitor komputer. Klien-kliennya berharap supaya ada bentuk fisik dari desain tersebut meskipun bentuknya tidak besar.
Dari permasalahan tersebut muncul ide untuk membuat printer 3D sendiri. Johanes juga senang dengan mainan. Teman-temannya sesama penggemar mainan ada yang membuat desain mainan sendiri. Mereka pun memanfaatkan jasa Johanes untuk membuat bentuk nyata dari desain mainan mereka.

Ternyata 3D printing ini menggunakan teknik cetak yang berlapis sehingga bisa menjadi objek yang padat dan bisa dipegang. Oleh karena itu waktu yang dibutuhkan dalam mencetak termasuk lama. Bagaimana 3D printing tidak digemari oleh para produsen produk, sebelum dicetak massal mereka bisa yakin akan seperti apa produk mereka.

Untuk waktu yang dibutuhkan dalam proses pencetakan sebenarnya bisa dipercepat, tetapi akibatnya ada bagian yang kopong. Untuk warna, saat ini hanya bisa menggunakan satu warna saja. Jika ingin lebih maka harus melalui pewarnaan manual.

Kursus Desain Grafis - Printer 3D Buatan Indonesia

Kursus Desain Grafis – Printer 3D Buatan Indonesia

Johanes mulai serius mengembangkan printer 3D nya sejak 2011. Setelah melalui berbagai tahap pengembangan, kini printer 3D nya semakin akurat dalam menghasilkan objek 3D. Hal ini dibuktikannya dengan membuat replica arca yang ada di Museum Nasional.

Kursus Desain Grafis - Printer 3D Buatan Indonesia

Kursus Desain Grafis – Printer 3D Buatan Indonesia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Johanes memanfaatkan teknologi Open Source. Software dan driver Open Source didapatkan dari forum di internet yang khusus membahas printer 3D. Nah, gimana temana-teman, hebat ya, dimana ada kemauan dan jangan lupa berdoa, di sana ada jalan. Oke teman-teman kursus desain grafis di manapun anda berada, terutama yang di Bandung, ketemu lagi di artikel selanjutnya ya.

Leave a Reply